-
6 November 2023 11:37 am

Jeruk Berkulit Manis, Kumquat Nagami

Jeruk Berkulit Manis, Kumquat Nagami
Jeruk tapi kok kulitnya manis, kok daging buahnya asam? Yups, namanya jeruk nagami, karena keunikannya ini kamu bisa memakannya langsung secara utuh. Buah ini juga identik dengan perayaan imlek, dipercaya membawa keberuntangan bagi penanamny lho.

Di Cina yang merupakan negara asalnya, buah ini disebut dengan Chin Kan atau jeruk emas. Pohon buah ini tetap bisa kamu tanam di pot, tinggi maksimal hanya antara 2-4,5 meter. Berkarakter genjah yang akan menghasilkan banyak buah dalam satu pohon.

Tanaman ini dapat tumbuh dimana saja, tahan dengan suhu panas maupun dingin. Sinar mataharinya usahakan penuh ya, Jeruk Nagami juga menyukai tanah humus atau tanah kompos. Jika ingin menanamnya dalam pot, pastikan potmu berdiameter 30-60 cm.

Warna kontrasnya membuat tanaman ini banyak digemari sebagai tanaman hias. Aromanya wangi segar dan biji pada buahnya hanya 2-5 bahkan kadang tidak berbiji.

Pemupukan dapat kamu lakukan sebulan sekali, menggunakan pupuk organik atau kombinasi kimia seperti NPK buah, kompos, dan pupuk kandang. Pupuk dapat ditaburkan langsung atau dilarutkan dalam air untuk diberikan bersama dengan penyiraman.

Selain untuk dikonsumsi, Jeruk Nagami dapat dimanfaatkan sebagai bahan wewangian dan produk kosmetik. Tanamannya cantik dan eye catching sebagai penghias rumah. Cocok juga dijadikan kado atau hampers.
Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami
0831-6500-7109
iplant.indonesia@gmail.com
JL Cemara Kipas No 31 Sidomulyo, Kota Batu. Jawa Timur.
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2024 iPlant Inc.