-
28 Oktober 2023 9:10 am

Kesalahan Umum Merawat Tanaman Hias Yang Tidak Disadari

Kesalahan Umum Merawat Tanaman Hias Yang Tidak Disadari
  • Mengabaikan Penyakit Tanaman
Salah satu kesalahan umum dalam merawat tanaman hias adalah abai terhadap tanda-tanda penyakit tanaman. Beberapa tanda tanaman kamu sakit adalah terjadinya perubahan warna pada akar, akar menjadi lembek, serta timbul bercak pada badan tanaman, termasuk daun.

Akar merupakan bagian penting dari tanaman yang kerap diabaikan dan luput dari perhatian. Padahal, akar merupakan komponen penting yang bisa menjadi indikasi kesehatan tanaman. Kerontokan juga bisa menjadi tanda lain bahwa tanaman sedang sakit.

Sebelum tanaman kamu mati, temukan penyebab dan solusinya. Penyebab tanaman sakit diantaranya adalah tanah berjamur, terlalu banyak kandungan kimiaa, atau kurang asupan cahaya dan air.

  • Terlalu Sering Memindahkan Letak Tanaman
Mungkin hal ini sering dilakukan atas dasar keindahan tata letak lingkungan rumah kamu. Namun, hal tersebut ternyata tidak sehat untuk tanaman. Memindahkan letak berpotensi merusak konsistensi tanaman menerima cahaya, atau bahkan asupan air.

Hal tersebut ternyata mampu memicu stres pada tanaman. Efek stres pada tanaman akan terasa dalam jangka waktu panjang dan cenderung menghambat proses pertumbuhan. Sebaiknya, tanaman diberi waktu yang panjang untuk menyesuaikan diri di satu letak yang sama.

  • Menyiram Tanaman Berlebihan
Salah satu kesalahan umum merawat tanaman hias adalah menyiram tanaman secara berlebihan. Sejumlah orang biasany hanya melihat permukaan tanah yang kering, dan mengira tanaman tersebut sudah butuh di siram.

Sebelum memutuskan untuk menyirm, coba cek tingkat kelembaban tanah media tanam dengan menusukkan jari kamu beberapa centimeter dari permukaan. Tak hanya terlalu kering, tanah yang terlalu lembab juga akan memicu tanaman layu bahkan mati.

Pada dasarnya akar akan menyerap seluruh air yang tersedia di media tanam, seperti tanah. Penyerapan berlebihan akan membuat sel-sel dalam tanaman tak kuat menampung unsur air lalu mati.

  • Paparan Cahaya Yang Tidak Sesuai
Setiap jenis tanaman memiliki tingkat kebutuhan cahaya matahari yang berbeda. Untuk itu, sebaiknya kamu mencari tahu karakteristik masing-masing tanaman. Salah satu tanaman yang tengah digandrungi adalah monstera, yang salah satu variannya adalah tanaman janda bolong. Jenis tanaman tersebut memiliki daun yang rentan gosong dan menguning. Oleh karenanya, paparan matahari langsung dan terik tidak dianjurkan.

Sementara itu, sejumlah tanaman cenderung kuat dan tahan panas, seperti jengger ayam, bougenville, dan kaktus. Tanaman-tanaman tersebut cenderung lebih tahan paparan cahaya, sehingga kamu bisa meletakkannya di luar ruangan.

Paparan sinar matahari harus diimbangi dengan kadar air yang tepat untuk mengkondisikan tanaman berada pada kadar kelembaban yang tepat.
Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami
0831-6500-7109
iplant.indonesia@gmail.com
JL Cemara Kipas No 31 Sidomulyo, Kota Batu. Jawa Timur.
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2024 iPlant Inc.