-
7 November 2023 2:43 pm

Pemangkasan Tanaman, Apa Manfaatnya?

Pemangkasan Tanaman, Apa Manfaatnya?
Pemangkasan adalah penghilangan beberapa bagian tanaman. Pemotongan dilakukan pada bagian-bagian tanaman yang berpenyakit, tidak produktif, atau yang tidak diinginkan. Pemangkasan bisa dilakukan pada ranting, daun, atau bunga.

Untuk apa sih sebenarnya kita memangkas tanaman? Tujuannya, membentuk tanaman dengan cara mengatur pertumbuhan tanaman, menjaga kesehatan tanaman, atau meningkatkan jumlah bunga atau buah.

Melalui pemangkasan ranting atau daun, kerimbunan daun akan berkurang. Tapi dengan itu, air dalam tanaman tidak cepat menguap. Jadi, pemangkasan merupakan tindakan memperpanjang usia tanaman.

Dengan dipangkasnya daun, nutrisi bisa disalurkan untuk membentuk bagian tanaman lain, seperti tunas baru yang akan menumbuhkan ranting baru, daun, serta bunga yang berkembang menjadi buah.

  • Mengatur arah pertumbuhan tanaman
Pemangkasan dilakukan bila kita ingin mempertahankan bentuk alami dari tanaman yang bersangkutan, atau justru ingin mengontrol arah pertumbuhan tanaman agar bentuknya sesuai dengan apa yang dikehendaki.

  • Menyelamatkan tanaman dari penyakit
Gangguan hama seperti ulat, serangga, bekicot, yang kerap menyerang tanaman bisa ditanggulangi dengan pestisida. Tetapi bila tanaman diserang penyakit akibat jamur, bakteri, atau virus yang menular, jangan ragu untuk memangkas bagian yang terkena penyakit. Jika tidak, akan menular pada tanaman lain.

  • Merangsang pertumbuhan bunga dan buah
Setelah daun dipangkas, nutrisi bisa disalurkan untuk membentuk bagian tanaman lain yang dikehendaki, seperti bunga yang nantinya juga bisa berkembang jadi buah. Pemangkasan dapat memicu pertumbuhan serta meningkatkan jumlah dan kualitas bunga serta buah.

Tanaman kamu lama tidak berbunga? Atau daunnya banyak yang kering?
Mungkin waktunya melakukan pemangkasan. Tindakan ini terlihat jahat pada tanaman, tapi sebenarnya justru baik untuk pertumbuhannya.
Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami
0831-6500-7109
iplant.indonesia@gmail.com
JL Cemara Kipas No 31 Sidomulyo, Kota Batu. Jawa Timur.
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2024 iPlant Inc.