-
17 Oktober 2023 1:59 pm

Penyakit Pada Tanaman Mawar

Penyakit Pada Tanaman Mawar
Selamat pagi semuanya, di pagi hari yang cerah ini, MinPlant mau ngasih informasi seputar penyakit pada tanaman mawar. Siapa sih yang nggak suka sama tanaman mawar? Tanaman mawar merupakan tanaman hias yang memiliki bunga cantik dengan banyak variasi jenis dan warna. Salah satu kesedihan mendalam yang bakal kita rasakan sebagai pecinta tanaman mawar ketika tanaman mawarnya sakit dan bikin daun jadi bercak hitam, atau ada bercak putih seperti tepung di daun, serta yang paling bikin jengkel mahkota bunganya busuk. Yukk simak info dari MinPlant kira-kira apa saja penyakit yang ada pada tanaman mawar.
  • Bercak Hitam
Penyebabnya adalah jamur Marsonina rosae dengan gejala berupa bercak hitam pekat dengan tepi bergerigi pada daun bagian atas dan juga bawah. Daun akan menguning dan rontok. Bercak juga bisa terdapat pada batang dan tangkai daun. Jamur akan lebih cepat berkembang ketika kelembaban tinggi dan curah hujan tinggi.
  • Embung Tepung
Penyebabnya adalah jamur Oidium sp. dengan gejala yaitu pada permukaan atas dan bawah daun terdapat lapisan putih bertepung. Lapisan tepung dapat meluas ke tangkai daun dan cabang. Daun yang terserang akan berubah warna menjadi kemerahan kemudian menguning dan rontok. Apabila menyerang pada bagian kuncup bunga, maka kuncup tidak bisa membuka.
  • Hawar Botrytis
Penyebabnya adalah jamur Botrytis cinerea yang dapat menyebabkan mahkota bunga membusuk dan berwarna coklat. Antar kelopak akan saling berlekatan sehingga bunga berbentuk bulat serta ada bintik hitam. Bunga yang terserang akan lebih mudah lepas dari tangkainya.
Nah setelah dapat info dari MinPlant, untuk mencegah tanaman mawar kamu sakit, mulai sekarang kamu bisa mengurangi kelembaban di sekitar tanaman ya karena jamur menyukai tempat yang lembab. Gimana tuh MinPlant caranya mengurangi kelembaban? Bisa dengan mengurangi daun yang terlalu rimbun terutama daun tua bagian bawah dengan cara pemangkasan, menyiram secukupnya saja ketika media tanam sudah terlihat agak kering, dan juga bisa diaplikasikan iPlant Care sebagai tindakan pencegahan dan pengendaliannya.
Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami
0831-6500-7109
iplant.indonesia@gmail.com
JL Cemara Kipas No 31 Sidomulyo, Kota Batu. Jawa Timur.
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2024 iPlant Inc.