-
23 Oktober 2023 11:19 am

7 Buah Asli Indonesia Yang Mulai Langka

7 Buah Asli Indonesia Yang Mulai Langka
  1. Maja (Aegle marmelos) adalah tumbuhan berbentuk pohon yang tahan lingkungan keras tetapi mudah luruh daunnya dan berasal dari daerah Asia tropika dan subtropika.
  2. Mundu (Garcinia dulcis) merupakan asli Indonesia dan banyak terdapat di Jawa dan Kalimantan. Di Kalimantan, Mundu dikenal dengan nama baros dan jawura.
  3. Rukem (Flacourtia rukam) adalah nama pohon penghasil buah asli Indonesia. Uniknya untuk menanam rukem, buah harus dipijit-pijit dulu untuk menghilangkan rasa sepat.
  4. Matoa (Pometia pinnata) adalah buah khas asli Papua. Penyebaran buah Matoa di Papua hampir terdapat di seluruh wilayah dataran rendah hingga ketinggian +- 1200 mdpl. Rasa buahnya sangat manis, dan mirip perpaduan rasa leci, rambutan, dan lengkeng.
  5. Kepel (Stelechocarpus burahol) adalah pohon buah yang menjadi flora identitas DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta). Dulunya, kepel digemari puteri keraton-keraton di Jawa, karena dipercaya menyebabkan keringat beraroma wangi dan air seni tidak berbau tajam.
  6. Bisbul (Diospyros philippensis) dikenal juga sebagai velvet apple (Inggris) atau buah mentega. Walau bukan asli Indonesia, pohon buah ini ditemukan di Bogor, Jawa.
  7. Jambu Mawar (Syzigium jambos) alias jambu keraton adalah kelompok tanaman Myrtaceae yang endemil dari wilayah Malaysia. Jambu mawar memiliki aroma yang khas layaknya harum bunga mawar.

Penasaran ingin menikmati rasa buahnya? Walaupun kini sudah jarang, namun beberapa bibit tanaman tersebut tersedia di iPlant. Sehingga masih bisa kita petik buahnya dikemudian hari. Lalu, tunggu apalagi? segera check out sekarang!!
Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami
0831-6500-7109
iplant.indonesia@gmail.com
JL Cemara Kipas No 31 Sidomulyo, Kota Batu. Jawa Timur.
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2024 iPlant Inc.