-
17 Oktober 2023 11:59 am

Ampas Teh Bikin Tanaman Makin Subur

Ampas Teh Bikin Tanaman Makin Subur
Siapa nih yang hobi minum teh? Teh digemari banyak orang dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Setelah baca ini, jangan buang ampas teh kalian ya karena ternyata bisa dijadikan sebagai kompos lho. MinPlant bisikin rahasianya nih gimana teh bisa bikin tanaman kalian makin subur.

  • Kandungan ampas teh
Ternyata ampas teh itu mengandung karbon organik, tembaga (Cu) 20%, magnesium (Mg) 10%, dan kalsium 13% yang bagus untuk menunjang pertumbuhan tanaman. Semakin banyak nutrisi yang ada pada media tanam dapat membuat tanaman lebih subur. Nyangka gak kalau ternyata ampas teh kaya dengan kandungan baik.

  • Manfaat ampas teh untuk tanaman
Kalau teh hangatnya buat MinPlant, ampasnya bisa dibagi buat tanaman yaa. Tahukah kamu ampas teh dapat menjaga kelembapan tanah, memperbaiki struktur tanah, serta merangsang pertumbuhan akar, batang, dan daun sehingga dapat meningkatkan produktivitas tanaman. Bisa disimpulkan kalau ampas teh bukan hanya sekadar bagian yang tak berguna.

  • Cara aplikasi ampas teh
Sudah tahu manfaat dan kandungannya kan? Sekarang kita bahas bagaimana cara pengaplikasian ampas teh yang tepat. Caranya gampang banget kok! Sekarang kamu keluarkan ampas teh dari kantungnya jika pakai teh celup. Ampas teh yang digunakan untuk kompos adalah ampas yang masih lembab, jika sudah kering efektivitasnya akan menurun. Kemudian benamkan ampas teh pada media tanam dan tutup tipis dengan tanah diatasnya. Proses pengomposan akan bekerja dengan sendirinya. Gampang kan? Selamat mencoba di rumah ya.




Referensi:
Hariani, N.M.M., H.A.T. Tellu dan L.Alibasyah. 2013. “Pengaruh Ampas Teh Tjap Daun Terhadap Produksi Tanaman Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) dan Pengembangannya sebagai Media Pembelajaran”. E-Jipbiol. Vol.1, Hal : 10-18.Imran, A. N. I. 2016. Pemanfaatan ampas teh (Camelia sinensis) sebagai tambahan media tanam pada pertumbuhan tanaman cabai besar (Capsicum annum L.). Skripsi. UIN Alauddin Makassar, Makassar.
Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami
0831-6500-7109
iplant.indonesia@gmail.com
JL Cemara Kipas No 31 Sidomulyo, Kota Batu. Jawa Timur.
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2024 iPlant Inc.