-
17 Oktober 2023 10:25 am

Lakukan 4 Hal Ini Agar Mawar Tidak Rusak Saat Musim Hujan

Lakukan 4 Hal Ini Agar Mawar Tidak Rusak Saat Musim Hujan
Mawar merupakan salah satu tanaman bunga yang banyak digemari. Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan optimal tanaman mawar adalah sinar matahari penuh. Saat ini Indonesia tengah memasuki musim penghujan, lalu bagaimana perawatan mawar saat musim hujan yang tepat? Simak tips berikut ini untuk antisipasi tanaman mawar saat hujan yuk!
  • Teduhkan tanaman mawar saat hujan
Mawar sensitif terhadap hujan, apabila tanaman mawar terguyur hujan secara terus menerus dapat menyebabkan daun serta bunga rontok. Efek lainnya yang terjadi yakni media tanam menjadi terlalu lembab sehingga tanaman mudah busuk. Sayang banget kan, kalau tanaman yang kita sukai jadi mudah rusak dan busuk karena lupa mindahin ke tempat yang aman saat hujan.
  • Pindahkan ke tempat sinar matahari saat terang
Berkaitan dengan tips sebelumnya, ketika hujan diselamatkan ketika terang kita pindahkan lagi. Seperti yang telah MinPlant singgung di awal, tanaman mawar menyukai sinar cahaya matahari yang penuh. Ketika hujan reda pindahkan tanaman mawar ke tempat sinar matahari agar mawar dapat tumbuh optimal dan tidak kekurangan cahaya.
  • Lakukan penyiraman secukupnya
Hal yang sering kita lakukan tanpa sadar adalah menyiram tanaman terlalu ambyar. Apabila media tanam terlalu lembab akan menyebabkan tanaman stress dan bisa membusuk. Tipsnya kamu harus melalui penyiraman ketika media terlihat agak kering.
  • Aplikasikan fungisida
Salah satu musuh dari tanaman adalah jamur. Jamur menyukai kondisi yang lembab. Keberadaan jamur dapat menyebabkan beberapa penyakit pada mawar seperti busuk dan bercak hitam. Hal ini dapat dicegah dengan aplikasi fungisida berbahan aktif klorotalonil atau benomil sesuai dosis anjuran. Kamu juga bisa mengaplikasikan iPlant Care sebagai tameng tanamanmu.
Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami
0831-6500-7109
iplant.indonesia@gmail.com
JL Cemara Kipas No 31 Sidomulyo, Kota Batu. Jawa Timur.
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2024 iPlant Inc.