-
17 Oktober 2023 12:19 pm

Cara Perbanyakan Tanaman Mawar Dengan Stek

Cara Perbanyakan Tanaman Mawar Dengan Stek
Siapa nih yang mau tanaman mawarnya bertambah banyak? Kira-kira bagaimana ya caranya?Tahukah kamu kalau tanaman mawar bisa diperbanyak dengan cara stek? Stek batang merupakan teknik yang paling mudah dan banyak dilakukan. Stek batang dapat dilakukan dengan memotong bagian batang tumbuhan untuk ditanam menjadi tumbuhan yang baru.Untuk detail cara aplikasinya bisa cek langkah ini ya..

  • Pilih batang dari tanaman mawar yang sehat
Disarankan menggunakan batang bagian tengah dan tidak jauh dari pangkal, tidak disarankan menggunakan batang yang dekat pucuk karena akan mempengaruhi tingkat keberhasilan stek.
  • Potong miring batang mawar
Batang utama mawar dapat dipotong kurang lebih 10-15cm. Bagian pangkal batang dapat dipotong runcing dengan kemiringan 45 derajat. Semakin luas permukaan pangkal akan membantu proses pertumbuhannya.
  • Rendam batang pada air
Apabila media tanam kalian belum siap setelah batang tanaman mawar dipotong, celupkan batang ke dalam air agar batang tidak mengalami dehidrasi ya. Namun apabila media tanam kalian sudah siap, tidak perlu direndam di air gapapa kok.
  • Tanam batang mawar
Bagian pangkal yang runcing dapat ditanam dalam media tanam kurang lebih 1/2 bagian.
  • Tempatkan di tempat teduh
Hindari terkena matahari langsung yaa selama proses awal biar tanaman tidak stress.
  • Aplikasikan iPlant Starter
Dosis pengenceran yaitu 5 tetes iPlant starter dalam 1 Liter air. Siramkan pada media tanam secukupnya, jangan terlalu basah yaa agar media tidak lembab. iPlant starter berfungsi untuk membantu merangsang dan mempercepat pertumbuhan akar tanaman.
  • Beri sinar matahari
Apabila sudah muncul kurang lebih 5 daun baru, tempatkan di sinar matahari secara bertahap. Minggu pertama bisa diberi 2 jam/hari, minggu berikutnya 4 jam/hari, begitu seterusnya. Hindari terkena sinar matahari siang ya untuk awal minggu.
Setelah mengikuti tips perbanyakan stek batang mawar dari MinPlant, pasti tanaman mawar kalian makin banyak nih sekarang.
Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami
0831-6500-7109
iplant.indonesia@gmail.com
JL Cemara Kipas No 31 Sidomulyo, Kota Batu. Jawa Timur.
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2024 iPlant Inc.