-
17 Oktober 2023 12:07 pm

Tanaman Sakit? Kok Bisaa?

Tanaman Sakit? Kok Bisaa?
Sedih banget nih minplant kalau tanamannya tiba-tiba sakit. Tanaman yang terlihat rusak atau menyimpang penampakannya dari bentuk normal menandai ada yang tidak beres nih,
Apasih penyebabnya? Yuk simak penjelasan minplant!

Penyebab
Penyebabnya bisa dari 2 faktor yaitu faktor abiotik dan faktor biotik.
  • Faktor abiotik contohnya adalah kondisi lingkungan seperti kelembaban tinggi, suhu, pH tanah, dan sinar matahari.
  • Sedangkan faktor biotik seperti hama dan patogen. Kalau kemarin minplant udah kasih info tentang hama, sekarang minplant mau kasih info tentang patogen yaa..

Apa sih patogen itu?
Patogen merupakan mikroorganisme penyebab penyakit tanaman. Patogen berupa jamur, bakteri, atau virus. Kalau kalian menjumpai tanaman kalian ada bercak kuning/coklat, busuk, layu, mengeriting, atau warna daun tidak rata bisa jadi tanaman kalian terserang patogen.

Bagaimana mengetahui kalau tanaman terserang patogen?
Pertama harus dilihat secara teliti yaa dari gejala yang ada. Tiap patogen memiliki gejala yang berbeda-beda dan juga beberapa ada yang memiliki ciri khas atau tanda. Kalau kalian bingung dan tidak yakin, bisa chat minplant dan kirimkan fotonyaa yaa nanti minplant bantu.
Bagaimana pegendaliannya?
Pengendalian tiap penyakit berbeda-beda, tergantung jenis patogen dan tingkat serangannya. Pengendalian awal dapat dilakukan dengan memotong bagian yang terserang agar tidak semakin menyebar. Apabila serangan ringan, dapat diaplikasikan menggunakan pestisida dari bahan alami. Dan apabila serangan tinggi, dapat diaplikasikan pestisida kimia yang tentunya sesuai dosis anjuran yaa.
Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami
0831-6500-7109
iplant.indonesia@gmail.com
JL Cemara Kipas No 31 Sidomulyo, Kota Batu. Jawa Timur.
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2024 iPlant Inc.