-
23 Oktober 2023 1:21 pm

Dampak Baik Menempatkan Tanaman Ditempat Kerja

Dampak Baik Menempatkan Tanaman Ditempat Kerja
Perabotan-perabotan yang ada di kantor seperti pendingin udara, pengharum ruangan, peralatan kebersihan berkontribusi pada buruknya udara kantor. Bagi orang yang menghirup udara dengan kualitas tak baik akan mengalami beberapa masalah seperti sakit kepala, pusing, hingga masalah pernapasan dan kelelahan.

Tanaman yang dletakkan diatas meja kerja tidak hanya digunakan sebagai elemen dekoratif saja, tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat meletakkan tanaman di meja kerja.

  • Memperbaiki kualitas udara
Tanaman yang diletakkan di dekat meja, dapat membantu memurnikan udara yang ada disekitarnya. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. Fraser Torpy dari University Sydney membuktikan bahwa meletakkan tanaman dalam ruangan dapat membantu mengurangi tingkat karbon dioksida sekitar 10 persen di kantor ber-AC dan 25 persen di gedung tanpa AC. Tanaman juga terbukti mampu menghilangkan bahan kimia seperti benzene, trichlorethylene, dan formaldehyde dari udara.

  • Mengurangi stres
Dilansir dari CIPHR, ditahun 2010 sebuah studi membuktikan bahwa menaruh tanaman di lingkungan kerja secara signifikan dapat mengurangi stres dikalangan pegawai. Hasil dari studi tersebut menyatakan penurunan kecemasan pegawai sebanyak 37 persen, penurunan depresi sebanyak 58 persen, penurunan kelelahan sebanyak 38 persen, serta penurunan terjadinya konflik sebanyak 44 persen. Para peneliti percaya bahwa ini ada hubungannya dengan warna hijau yang dihasilkan oleh tanaman dapat membantu mengurangi stres dan memberi rasa rileks.

  • Meningkatkan kelembapan
Di kantoe biasanya pegawai menghabiskan waktu berjam-jam dalam ruangan yang terpapar AC. Paparan AC dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kulit kering dan terkelupas. Salah satu cara untuk menjaga kelembapan udara adalah dengan menanam tumbuhan di dekat meja kerja. Meketakkan tanaman di ruangan dapat meningkatkan kelembapan udara yang ada di sekitarnya. Selain itu, tanaman juga bisa mengurangi tingkat debu yang ada di udara. Tanaman yang diletakkan di dekat meja kerja juga dinilai mengatasi masalah kulit kering.

Kantor, salah satu tempat yang dikenal sebagai "zona stres" sehingga alangkah baiknya menempatkan objek dekoratif dengan elemen alami agar lebih nyaman dan sehat.
Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami
0831-6500-7109
iplant.indonesia@gmail.com
JL Cemara Kipas No 31 Sidomulyo, Kota Batu. Jawa Timur.
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2024 iPlant Inc.