-
18 Oktober 2023 8:14 am

Kelor SUPERFOOD

Kelor SUPERFOOD
Siapa nih yang sudah punya tanaman kelor di rumah? Sudah tahu belum apa saja manfaat dari tanaman ini? Daun-daunnya yang kecil ternyata manfaatnya tak terhingga lho karena memiliki antioksidan yang tinggi sehingga bagus untuk kesehatan.
Tanaman kelor memiliki nama ilmiah Moringa oleifera yang kaya gizi seperti protein, karbohidrat, Kalsium (Ca), Zat Besi (Fe), Fosfor (P), Zink (Zn) dna masih banyak lagi. Kandungan nutrisinya yang tinggi menjadikan tanaman kelor sebagai sumber gizi dan tanaman obat karena mengandung antioksidan. Nah karena manfaatnya yang banyak kelor juga dijuluki Superfood. Yuk simak apa aja sih manfaat daun kelor jika dikonsumsi.
  1. Menurunkan kadar gula darah
  2. Mengatasi peradangan
  3. Mengontrol tekanan darah
  4. Memelihara kesehatan dan fungsi otak
  5. Menghambat pertumbuhan sel kanker
  6. Meningkatkan daya tahan tubuh
  7. Menunda penuaan
  8. Mencegah kanker usus besar
  9. Mengatasi edema

Nah sekarang gimana sih minplant cara mengolah daun kelor untuk dikonsumsi?
  • Sayur Bening Daun Kelor
Daun kelor bisa dimasak jadi sayur bening bersamaan dengan jagung manis dan labu siam sesuai selera kalian di rumah ya.
  • Pengeringan Daun Kelor
Nah yang satu ini bisa lebih tahan lama penyimpanannya. Pengeringan bisa menggunakan sinar matahari sampai benar-benar kering (kurang lebih 1-2 minggu) dan aduk daun setiap 12 jam. Daun yang telah kering bisa digunakan untuk teh kelor. Caranya 2 sendok makan daun kering diseduh dalam 1 L air panas dan siap diminum.
Banyak banget kan manfaatnya untuk kesehatan. Lebih mudah lagi kalau kalian punya tanaman kelor ini di rumah sehingga bisa langsung panen dari kebun sendiri. Yuk miliki tanaman kelor yang penuh manfaat ini.



Referensi:
Trisnwati, Y dan I. Mutaqien. 2021. Berjuta Manfaat Kelor. Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian. Bogor.
Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami
0831-6500-7109
iplant.indonesia@gmail.com
JL Cemara Kipas No 31 Sidomulyo, Kota Batu. Jawa Timur.
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2024 iPlant Inc.