-
1 November 2023 11:56 am

Mau Nanem Sayur Dirumah? Tanam Yang Tanpa Semai Aja!

Mau Nanem Sayur Dirumah? Tanam Yang Tanpa Semai Aja!

...

Tahukah kamu?

Sayuran umur pendek (bisa dipanen dalam waktu relatif cepat) merupakan tanaman yang mudah dalam penanaman serta perawatannya. Kamu nggak perlu pusing memindahkan tanaman, karena tinggal tanam, rawat, lalu panen. Oh ya, benih sayuran ini ada yang bisa ditanam langsung dan ada yang perlu disemai.

Jenis sayuran tanpa semai antara lain: bayam, buncis, kacang panjang, kangkung, sawi, selada, dan mentimun. Kapan sayuran-sayuran tersebut siap panen dari penanaman tanpa harus pindah semai? berikut detailnya:

  • Bayam
Siap kamu panen pertama pada umur 21 hari setelah tanam, yakni saat tinggi tanaman telah mencapai 15-20 cm. Bayam dapat dicabut dengan akarnya atau dengan cara memotong pada bagian pangkal sekitar 2 cm diatas permukaan tanah.

  • Buncis
Bisa dipanen pada saat buncis masih muda dan bijinya kecil, belum menonjol ke permukaan polong. Biasanya saat 2-3 minggu setelah bunganya bermekaran. Buncis dapat dipanen 58-49 hari setelah tanam.

  • Kacang Panjang
Dapat dipanen setelah umut tanaman 48-55 hari. Ciri kacang panjang yang siap dipanen. Ciri-cirinya polongnya terisi penuh, mudah dipatahkan, dan warna buahnya hijau merata. Pemanenan dilakukan dengan cara dipetik, yakni bagian pangkal polong diputar hingga polong terlepas seluruhnya.

  • Kangkung
Dapat dipanen 21-28 hari setelah tanam. Kangkung biasanya dipanen dengan dicabut atau dipangkas tanamannya.

  • Sawi
Siap dipanen setelah tanaman berumur 21-25 hari. Pemanenan dilakukan dengan mencabut seluruh tanaman beserta akarnya, atau dengan memotong bagian pangkal batang yang berada diatas media tanam.

  • Mentimun
Mulai berbunga pada 20 hari setelh tanam dan berbuah setelah 30-32 hari. Pemanenan dilakukan dengan memetik (memotong) tangkai buah menggunakan alat bantu pisau tajam agar tidak merusak tanaman.

  • Selada
Siap dipanen saat berumur 40-60 hari setelah tanam. Pemanenan dilakukan dengan mencabut seluruh tanaman beserta akarnya.

Tanaman-tanaman ini bisa kamu panen cukup dengan polybag!
Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami
0831-6500-7109
iplant.indonesia@gmail.com
JL Cemara Kipas No 31 Sidomulyo, Kota Batu. Jawa Timur.
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2024 iPlant Inc.