-
31 Oktober 2023 1:30 pm

Tips Usir Siput Si Pemakan Daun Tanaman

Tips Usir Siput Si Pemakan Daun Tanaman
Tahukah kamu?
Keberadaan siput atau bekicot di kebun rumahmu bisa menjadi bahaya bagi tanaman yang kamu miliki. Sebab, hewan satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu hama untuk tanaman. Keberadaan siput di kebun rumah bisa diketahui dari banyaknya kotoran mereka atau dari bibit tanaman yang habis termakan. Untuk menghindari keberadaan siput di kebun rumahmu, berikut ini cara untuk mengatasinya:
  • Tanam Bibit Dewasa
Makanan bagi siput adalah bibit kecil yang masih muda. Jadi, pastikan kalau mau menanam tanaman di lahan, tanam bibit yang dewasa dan batangnya kuat, minimum sudah tumbuh 4 daun sejati.

  • Mulsa
Mulsa merupakan material penutup pada tanaman yang berfungsi untuk menjaga kelembaban tanah serta menekan ganggguan hama dan penyakit, sehingga membuat tanaman tumbuh dengan baik. Contoh mulsa organik adalah alang-alang, jerami, ataupun cacahan batang dan daun dari tanaman jenis rumput-rumputan lainnya.

  • Tanam di lokasi luar jangkauan
Letakkan tanaman yang ada di pit pada meja tinggi atau di rooftop. Jadi, pastikan menanam bubut kecil diluar lokasi jangkauan siput.

  • Berburu Siput
Cari siput atau bekicot disekitar tanaman milikmu lalu kumpulkan. Setelah siput dikumpulkan, keluarkan saja dari kebun rumahmu, pindahkan ke lahan kosong sekitar rumahmu untuk menjadi tempat tinggal baru bagi mereka.

  • Manfaatkan Predator Siput
Jika kamu malas berburu siput, kamu bisa menghadirkan habitat untuk predator alaminya, seperti kodok, kadal, burung, atau kelabang. Hewan-hewan tadi memakan siput yang belum ada rumahnya (tempurung).
Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami
0831-6500-7109
iplant.indonesia@gmail.com
JL Cemara Kipas No 31 Sidomulyo, Kota Batu. Jawa Timur.
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2024 iPlant Inc.