-
2 November 2023 10:38 am

Yuk, Cari Tahu Nutrisi Apa Saja Yang Wajib Tersedia Untuk Tanamanmu!

Yuk, Cari Tahu Nutrisi Apa Saja Yang Wajib Tersedia Untuk Tanamanmu!
Tanaman hidup seperti makhluk hidup lainnya yang tentunya memerlukan unsur hara atau nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Tanaman memerlukan dua jenis nutrisi, yakni makronutrien dan mikronutrien. Kedua jenis nutrien ini diperlukan tanaman untuk menunjang dan mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangannya.

  1. Makronutrien
Makronutrien adalah nutrisi tanaman yang dibutuhkan dalam jumlah banyak. Unsur hara yang termasuk dalam makronutrien adalah Karbon (C), Hidrogen (H), Oksigen (O2), Nitrogen (N), Belerang (S), Fosfor (P), Kalium (K), Magnesium (Mg), Kalsium (Ca).

Unsur karbon diserap tanaman dari udara dalam bentuk CO2. Hidrogen diambil tanaman dalam bentuk air (H2O). Oksigen diambil tanaman dalam bentuk O2 dari udara atau H2O. Selain ketiga unsur tersebut, unsur makronutrien didapatkan tanaman dari dalam tanah.

2. Mikronutrien
Mikronutrien adalah nutrisi yang diperlukan tanaman dalam jumlah sedikit. Walaupun hanya diserap dalam jumlah kecil, tetapi nutrisi ini sangat penting dan diperlukan tanaman. Seluruh unsur mikronutrien didapatkan dari dalam tanah. Unsur hara yang termasuk dalam mikronutrien adalah Boron (B), Tembaga (Cu), Seng (Zn), Besi (Fe), Molibdenum (Mo), Mangan (Mn), Klor (Cl), Natrium (Na), Cobalt (Co), Silicon (Si), dan Nikel (Ni).

Kelebihan atau kekurangan unsur hara, makronutrien maupun mikronutrien, dapat menyebabkan adanya permsalahan dalam pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Jadi, pastikan tanamanmu memperoleh semua unsur tadi ya!
Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami
0831-6500-7109
iplant.indonesia@gmail.com
JL Cemara Kipas No 31 Sidomulyo, Kota Batu. Jawa Timur.
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2024 iPlant Inc.