-
21 Oktober 2023 11:10 am

Beberapa Jenis Hama Dan Cara Mengatasinya

Beberapa Jenis Hama Dan Cara Mengatasinya
Hama mana yang menyakitimu planters😆-. Nih, minplant beri solusi dari beberapa jenis hama yang mungkin sering dijumpai pada tanaman:

  • Ulat
Seringkali menyerang pada daun, si ulat ini membuat daun berubah warma dan terlihat pecah pada bagian tertentu. Manfaatkan pestisida, baik yang alami seperti bawang putih maupun insektisida kumia sistemik minimal semingu sekali.

  • Laba-laba
Menyerang bagian daun dengan cara menyerap cairan dan unsur hara tanaman. Serangan laba-laba ini berlangsung cepat dalam skala besar. Tanaman bisa mati dalam kurun waktu singkat. Lebih kebal terhadap insektisida, disarankan untuk membasmi hama tanaman ini menggunakan akarisida, yaitu bahan senyawa kimia beracun yang ampuh membunuh rumpun keluarga tungau, caplak, dan laba-laba.

  • Kutu Tanaman
Kutu tanaman menjadi primadona yang sering menyerang tanaman hias pada dataran rendah. Biasa terlihat bergerombol di batang ataupun daun tanaman. Umumnya hanya menyerang bagian daun, terutama dibagian tulang daun. Untuk membasmi hama tanaman ini, gunakan campuran deterjen cair dengan air untuk menghilangkan lapisan llilin pada kutu putih. Bisa juga dengan insektisida sistemik dan bahan aktif acephate untuk membasmi tuntas.

  • Belalang
Belalang adalah pemakan daun, sama seperti ulat bulu. Membasmi belalang bisa dilakukan dengan cara menangkap atau menyemprot dengan air menggunakan penyiram tanaman supaya hama tanaman ini sulit terbang dan bisa dienyahkan. Selain itu, gunakan saja pestisida organik atau alami racikan karena umumnya cukup untuk mengusirnya.

  • Tungau
Ketika menyerang menyebabkan bercak-bercak di daun tanaman, tungau sulit dideteksi karena hampir tidak kasat mata. Jika daun tiba-tiba berwarna kuning dan gugur tanpa sebab, boleh jadi hama tungau telah menyerang tanaman kesayangan😭-. Untuk mengatasu serangan hama tanaman ini,segera potong bagian yang terinfeksi tungau lalu bakar kumpulan daun tersebut. Lanjutkan dengan insektisida untuk membasmi hingga benar-benar hilang.

  • Cacing Liang
Hama yang menggeliat dibagian dalam tanah dan menyerang bagian akar tanaman. Tanaman yang terserang otomatis akan menjadi kerdil dengan pertumbuhan lambat, atau bahkan berpotensi mati sebelum mekar dan berbuah. Untuk hama yang satu ini, kamu boleh mencoba pestisida alamai atau organik sebelum mencoba senyawa kimia. Ada pula jenis nematisida atau cairan khusus pembunuh cacing dan hama tanaman lainnya.

  • Tikus
Tikus gemar memakan batang tanaman yang masih muda dan biji-biji tanaman. Untuk mengatasinya, bisa dicoba dengan perangkap tikus atau budidayakan tanaman tabulampot yang ampuh sebagai salah satu cara mengusir tikus. Gunakan juga rodentisida atau pembasmi tikus dengan menyerengnya lansung ke sumber persembunyiannya.
Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami
0831-6500-7109
iplant.indonesia@gmail.com
JL Cemara Kipas No 31 Sidomulyo, Kota Batu. Jawa Timur.
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2024 iPlant Inc.