-
31 Oktober 2023 9:46 am

Cara Simpan Strawberry Agar Awet Hingga 1 Tahun

Cara Simpan Strawberry Agar Awet Hingga 1 Tahun
Stroberi yang segar tentunya sangat nikmat. Namun, jika kamu pernah membuka kulkas dan melihat stroberi dipenuhi oleh jamur (mold), maka kamu tahu secepat apa buah ini makin memburuk.
Sekantung stroberi yang sudah dibekukan menjadi pilihan yang tepat untuk digunakan dalam waktu jangka panjang. Namun, jika kamu baru kembali dari toko dan membawa banyak stroberi, tenang kamu bisa membekukannya sendiri.
Menurut Food And Drug Administration (FDA), stroberi segar direkomendasikan untuk dikonsumsi dalam 2-3 hari saat ditaruh di kulkas. Namun, stroberi beku dapat bertahan selama 8-12 bulan.
Apabila kamu berencana untuk menghilangkan kebekuan buah tersebut untuk dijadikan cemilan beberapa saat kemudian, bekukan stroberi secara menyeluruh. Lantas, bagaimana cara membekukan stroberi yang benar?
  • Jangan cuci stroberi dengan merendamnya. Langkah pertama adalah cuci stroberi sampai bersih. Namun, cara membersihkannya adalah mencuci dibawah air yang mengalir. Jika kamu mencuci stroberi dengan merendamnya, maka kamu bisa menghilangkan rasa alami buah tersebut.
  • Setelah itu, potong batangnya dan buang. Jika kamu memotong stroberi untuk digunakan dalam sesuatu, lakukanlah hal tersebut sebelum buah dibekukan.
  • Bekukan secara terpisah sebelum ditaruh secara bersamaan didalam freezer. Langkah selanjutnya adalah bekukan stroberi secara terpisah atau individual. Tempatkan stroberi diatas loyang datar (baking sheet) yang sudah dilapisi kertas.
  • Masukkan kedalam freezer selama kurang lebih 2 jam, atau hingga stroberi benar-benar beku. Hal ini dapat membuat stroberi tidak saling menempel saat kamu menyimpannya. Setelah buah tersebut beku, taruh dalam tempat penyimpanan yang aman untuk ditaruh dalam freezer.
  • Keluarkan seluruh udara didalam tempat penyimpanan tersebut untuk menghindari freezer burn. Freezer burn adalah keadaan suatu makanan yang telah dibekukan menjadi rusak. Hal ini karena adanya dehidrasi dan oksidasi yang disebabkan oleh udara mengenai makanan tersebut.
  • Setelah stroberi dikemas dengan baik dan rapat, kamu bisa langsung masukkan ke dalam freezer hingga kamu siap untuk menggunakannya.
Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami
0831-6500-7109
iplant.indonesia@gmail.com
JL Cemara Kipas No 31 Sidomulyo, Kota Batu. Jawa Timur.
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2024 iPlant Inc.