-
17 Oktober 2023 1:42 pm

Terapkan 5T Dalam Pemupukan

Terapkan 5T Dalam Pemupukan
Pemupukan merupakan salah satu hal penting untuk memberi tambahan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Tahukah kamu, pemupukan dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan tanaman menjadi lebih subur dan meningkatkan produktivitas loh! Namun, dalam pemupukan ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar efektif dan efisien. Yuk simak tipsnya.
  • Tepat Jenis
Penentuan jenis pupuk harus dilakukan dengan tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman. Ketika fase awal, dapat menggunakan pupuk NPK seimbang, sedangkan pada fase pembungaan atau pembentukan buah dapat mengurangi kandungan N dan memperbanyak kandungan P dan K.
  • Tepat Dosis
Dosis pupuk yang diberikan harus tepat dan sesuai dengan kebutuhan tanaman agar optimal. Jika terlalu banyak dapat berakibat toksik pada tanaman.
  • Tepat Cara
Tiap jenis pupuk memiliki cara aplikasi yang berbeda-beda, maka dari itu harus disesuaikan dengan jenisnya. Beberapa contoh cara pemupukan yaitu dikocorkan, ditabur, atau disemprot.
  • Tepat Waktu
Pemupukan dilakukan dengan tepat waktu sesuai dengan kapan tanaman membutuhkan asupan nutrisi tambahan. Interval pemupukan harus diperhatikan agar tanaman dapat tumbuh optimal.
  • Tepat Tempat
Aplikasi pupuk harus disesuaikan peletakannya pada tanaman. Misalnya pupuk dalam bentuk butiran lebih baik diberi jarak dengan batang utama dan akar agar tidak langsung bersentuhan.
Blog Post Lainnya
Social Media
Hubungi Kami
0831-6500-7109
iplant.indonesia@gmail.com
JL Cemara Kipas No 31 Sidomulyo, Kota Batu. Jawa Timur.
Berita Newsletter
`Berlangganan
@2024 iPlant Inc.